Pustaha Laklak Dipamerkan di Museum D Topeng Kota Batu

Administrator Administrator
Pustaha Laklak Dipamerkan di Museum D Topeng Kota Batu
Radar Malang
Pustaha Laklak

Kota Batu (Pelita Batak): Ada pusaka orang Batak di museum D’Topeng, Jalan Terusan Sultan Agung, Kecamatan Batu. Namanya pustaha laklak, Batak.

 

Sesuai namanya, benda yang seukuran dengan dua smartphone ini berasal dari tanah Batak. Pustaha laklak memiliki arti kitab kulit kayu. Berisikan susunan kata dari aksara batak. Pengunjung museum banyak yang menanyakan sejarah pusaka tersebut.

 

”Iya memang banyak yang tanya. Katanya tulisannya kok aneh,” ujar Yantoko Andi Risnandar, guide museum D’Topeng. Dia menjelaskan, benda tersebut dikoleksi sejak Maret, 2015 silam. Pusaka itu didapatkannya dari salah satu kolektor di Malang. 

 

”Kabarnya, isi dari pustaha laklak ini adalah catatan pengobatan tradisional, ilmu-ilmu gaib, dan keterangan-keterangan tentang cara menolak hal-hal yang jahat,” papar dia. Bahannya terdiri dari lampak (sampul) dan laklak (kulit kayu). Kayu tersebut berasal dari pohon alim, tanaman endemik di Sumatera. Pembuatan pustaha laklak itu berasal dari nenek moyang orang Batak. (radar malang)


Tag:
Berita Terkait
Komentar
Berita Terkini