Bupati Tapsel Salurkan Zakat ASN Di Kecamatan Arse

admin admin
Bupati Tapsel Salurkan Zakat ASN Di Kecamatan Arse
Saut Togi Ritonga| Pelita Batak
Bupati Tapsel Salurkan Zakat ASN Di Kecamatan Arse

Tapanuli Selatan (Pelita Batak) :

Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Pasaribu, menyalurkan zakat profesi ASN melalui Baznas Tapsel dan mengajak masyarakat agar gemar membayar zakat, infaq dan sedekah.

Kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bupati berpesan agar dalam penyaluran zakat ke masyarakat yang berhak (mustahik), harus benar-benar meninjau dari aspek yang paling membutuhkan.

“Sudah 28 OPD dari 30 OPD kita dorong untuk berzakat melalui Baznas. Ke depan diharapkan seluruh OPD menyalurkan ZIS nya. Berikutnya adalah Kecamatan, Desa dan Kelurahan termasuk para warga yang memiliki kemampuan."Ujar Bupati, disela acara pendistribusian zakat penghasilan ke mustahik di Masjid Maqomil Amal, Kampung Hanopan, Desa Aek Haminjon, KecamatanArse, Senin 20 September 2021.

Bupati berharap, kiranya zakat yang sudah disalurkan, bisa memberi manfaat bagi para penerima (mustahik). “Semoga yang hari ini menerima bisa memanfaatkan untuk kebutuhan mereka dan tetap tanamkan niat, suatu saat bisa menjadi yang memberi.”ujarnya.

Disamping itu, Bupati juga mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan waspada dalam menjaga diri serta orang lain agar jangan sampai tertular Covid-19.

Sesuai perintah Presiden RI, Joko Widodo, Bupati mengajak masyarakat agar mau divaksin demi terciptanya ketahanan masyarakat termasuk anak-anak sekolah, baik di pondok pesantren begitu juga di sekolah umum.

“Tenaga kesehatan kita bekerja dengan prosedur dan standar ketika melakukan vaksinasi sehingga dapat dikatakan vaksinasi ini aman. Selanjutnya sesuai arahan Presiden berikutnya adalah anak-anak sekolah, sehingga kami meminta kegiatan ini mulai disosialisasikan kepada orang tua, agar tidak salah menanggapinya (program vaksinasi ke anak sekolah)," ujar Bupati.

Beranjak dari Aek Haminjon, Bupati mengunjungi kebun pepaya yang siap panen seluas 1,5 Hektar yang dikelola Baznas Kabupaten Tapsel sebagai penyaluran zakat produktif. Dolly merasa selama ini penyaluran zakat ia rasakan belum maksimal karena penyalurannya hanya bersifat konsumtif. Ia berpikir bagaimana agar masyarakat yang menerima zakat, bisa terangkat kehidupannya dan suatu saat menjadi yang memberi zakat.

Dengan zakat produktif ini, Dolly merasa kagum karena beberapa kelompok tani yang berkomitmen untuk mengelola dana tersebut dalam bidang pertanian, perkebunan dan usaha lainnya yang mana hasilnya nanti akan dikembalikan dan digulirkan ke kelompok lain.

Bupati mengharapkan ke depan zakat produktif ini bisa diikuti kecamatan- kecamatan lain untuk mengangkat derajat kehidupan warganya.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Tapsel, Drs. H. Ihwan, menyebut, kegiatan penyaluran zakat kepada mustahik adalah satu langkah yang sangat baik.

Ihwan juga mengaku kagum atas kesigapan Bupati Tapsel dalam mendorong jajarannya untuk menyalurkan zakat yang hingga kini sudah berjalan di seluruh kecamatan.

“Ini adalah zakat profesi yang terkumpul dari seluruh pegawai Tapsel. Dalam kurun waktu tahun ini, Baznas sudah mengumpulkan hampir Rp.1 miliar lebih. “Itu semua tidak terlepas dari dukungan Bupati Tapsel. Tanpa ada dukungan dari Bupati, pengumpulan zakat ini tidak akan berjalan lancar. Dari tahun ke tahun juga semakin banyak peningkatan," ujar Kakan Kemenag.

Ihwan juga mengucapkan terima kasih kepada Badan Silaturahim Pondok Pesantren Sumatera Utara (BSPPSU), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tapsel dan Baznas Tapsel. Menurut Ihwan, ketiga lembaga itu adalah unsur yang mempunyai kontribusi besar sehingga acara penyaluran zakat itu bisa terselenggara.(STR)

Komentar
Berita Terkini