HUT Kabupaten Toba ke XXI Dimeriahkan Berbagai Kegiatan Lomba dan Kunjungan Raja dan Ratu Belanda

admin admin
HUT Kabupaten Toba ke XXI Dimeriahkan Berbagai Kegiatan Lomba dan Kunjungan Raja dan Ratu Belanda
Maria Sitorus |PelitaBatak
Paripurna DPRD Perayaan HUT Toba sekaligus pergantian nama Kabupaten Tiba Samosir menjadi Toba.
Toba (Pelita Batak):
Perayaan HUT Kabupaten Toba yang berubah nama dari Tobasa diawali dengan rapat paripurna DPRD Toba sekaligus penyerahan peraturan pemerintah No 14 tahun 2020 tentang perubahan nama tersebut oleh Dirjen Bina Administrasi wilayah kementerian Drs Eko kepada Bupati Toba Darwin Siagian dihadapan 30 anggota DPRD dan forkopimda Toba,tokoh masyarakat dan tokoh agama.HUT Kabupaten Toba mengusung tema "Bersatu Membangun Kabupaten Toba  Dengan SDM Unggul dan Infrastruktur Hebat ."

Beberapa kegiatan memeriahkan Hari Jadi Ke-21 Kabupaten Toba, bekerja sama dengan Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI)Toba dan Persatuan Olah Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Toba menggelar lomba dayung tradisional di kawasan objek wisata Pantai Ulak Desa Siregar Aek Nalas, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba, Selasa (10/3/2020).

Bupati Toba Darwin Siagian yang diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Sahat Manullang mengatakan Pantai Ulak Desa Siregar Aek Nalas ini adalah tempat wisata yang sangat sangat potensial untuk dikembangkan.

"Akses ke Uluan mudah ditempuh, setelah akses atraksinya juga harus ada. Atraksi budaya dan olah raga melalui lomba dayung tradisional akan menjadi acara tahunan disini," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Toba mengharapkan untuk tahun depan perlombaan dayung tradisional lebih meriah.

"Kami berharap kerjasama Pemkab dengan KONI dengan perencanaan yang lebih sempurna dan lebih matang sehingga masyarakat dapat merasakan peningkatan ekonomi," sebut Sahat Manullang.

Sementara Ketua PODSI Toba, Flores Manurung menjelaskan sebanyak 78 peserta yang terdiri dari 32 peserta lomba marsada-sada, dan 46 peserta lomba mardua-dua, mengikuti Lomba Dayung Tradisional guna memperebutkan piala bergilir dan sejumlah hadiah menarik.

Camat Uluan Henry Butarbutar mengapresiasi masyarakat desa dalam menyukseskan acara tersebut sehingga pariwisata di Kecamatan Uluan bisa diorbitkan.

"Kecamatan Uluan merupakan kecamatan yang terpanjang pantainya di Toba dan berbagai tempat di Uluan ini potensi pariwisatanya sangat baik diantaranya air panas siregar aek nalas dan pantai lainnya yang layak untuk tempat wisata," Camat Henry.

Dalam kesempatan ini hadir juga Ibu Bupati Nyonya Darwin Siagian Brenda Wati br Aruan.

"Pembangunan penting,untuk itu kita harus tetap berupaya mewujudkan pembangunan ,bukan hanya pada satu sektor namun merata termasuk olahraga," katanya.

Usai mengikuti lomba solu Nyonya Darwin Siagian pulang ke ibukota mengikuti rangkaian kegiatan perayaan HUT Toba ke 21 di Lapangan Sisingamangarja Balige.

Beberapa kegiatan seperti lomba memasak Bergizi Bersih Seimbang dan Aman (B2SN),pameran stand setiap kecamatan,olahraga bersama ikut meriahkan HUT Toba ke 21 dan malam harinya selama sepekan terhitung dari Senin (09/03/2020) hingga Sabtu 14/03/2020) masyarakat Toba bisa menikmati hiburan artis ibukota dan daerah di Lapangan Sisingamangaraja Balige. (Maria Sitorus)

Tag:
Berita Terkait
Komentar
Berita Terkini