Komisi Pemilihan Umum Kab.Humbang Hasundutan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Ad-Hoc dalam Rekrutmen Badan Ad-Hoc

Administrator Administrator
Komisi Pemilihan Umum  Kab.Humbang Hasundutan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Ad-Hoc dalam Rekrutmen Badan Ad-Hoc
rikjon simanullang | pelita batak
Komisi Pemilihan Umum Kab.Humbang Hasundutan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Ad-Hoc dalam Rekrutmen Badan Ad-Hoc

Humbang Hasundutan (Pelita Batak):

Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan adakan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Sistim Informasi Anggota KPU dan Badan Ad-Hoc (Siakba) dalam rekrutmen badan ad-hoc,24/11/2022

"Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Ayola Doloksanggul ini dihadiri oleh Ketua beserta Anggota dan Sekretaris KPU Humbang Hasundutan, Ketua Badan Pengawas Pemilu Humbang Hasundutan Henri W Pasaribu. S.Th, dan Pemerintah Humbahas yang diwakili oleh Plt. Kaban Kesbangpol Irma Ardianty Simanungkalit , Polres Humbahas yang diwakili oleh Kompol Firman Tarigan, Kajari yang diwakili oleh Eri Sanjaya dan mewakili Dandim Pabung TNI 0210/TU Mayor Ojak Simarmata, para Partai Politik Humbahas, Tokoh Masyarakat, LSM dan insan Pers.

"Dalam laporannya Sekretaris KPU Humbang Hasundutan Richardo F Butarbutar mengatakan, dasar hukum dalam kegiatan ini adalah Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, PKPU Nomor 5 Tahun 2022 tentang perubahan keempat atas peraturan KPU Nomor 8 Tajun 2019 tentang tata kerja komisi pemilihan umum, komisi pemilihan umum provinsi, dan komisi pemilihan umum kabupaten/kota.

"Keputusan KPU Nomor 483 Tahun 2022 tentang penetapan sistem informasi anggota komisi pemilihan umum dan badan adhoc sebagai aplikasi khusus komisi pemilihan umum, dan Keputusan KPU Nomor 476 tahun 2022 tentang pedoman teknis pembentukan badan adhoc penyelenggara pemilihan umum dan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota" tandasnya.

"Dalam acara sambutannya sekaligus pada pembukaan acara dimaksud, Ketua KPUD Humbang Hasundutan Binsar Pardamean Sihombing S.Com mengatakan saat ini sistim pendaftaran untuk peserta calon Badan Adhoc (PPK, PPS PPLN, KPPS) sudah berbasis Web, atau membuka lewat laman Siakba yang merupakan seperangkat sistem teknologi informasi yang sudah disiapkan dan setelah melewati tahapan data-data yang sudah diisi pendaftar atau di upload setelah di scan maka seluruh berkas tersebut, bisa diserahkan langsung ke panitia penerimaan berkas pendaftaran di kantor KPUD Humbahas.

"Pengumuman pendaftaran sudah kita umumkan dan sosialisasikan sebelumnya sampai ketingkat Desa, dan sekarang kita sudah masuk dalam tahapan pendaftaran melalui sitem siakba ini. Badan Ad -hoc adalah penyelenggara pemilu yang dibentuk oleh KPU yang besifat ad-hoc (sementara) dan badan ad-hoc yang dibentuk di tingkat kabupaten yaitu PPK, PPS dan KPPS. Untuk PPK pengumuman pendaftarannya pada 20 hingga 29 November 2022 dan setelah penerimaan pendaftaran hingga penelitian administrasi maka diadakan seleksi ujian tertulis dalam sistem Computer Assisted Test (CAT) dan kami sudah berkoordinasi dengan beberapa sekolah untuk lokasi ujian nantinya" katanya.

"Sementara itu Ketua Bawaslu Humbahas Henri W Pasaribu dalam paparannya menekankan berbagai hal terkait pencegahan dan pelanggaran dalam Pemilu 2024 nanti. Henri menjelaskan dalam pengawasan pihaknya saat ini sudah bekerja dalam pengawasan termasuk dalam seleksi ad-hoc yang sudah berlangsung.

"Bagaimana strategi dari Bawaslu itu adalah pencegahan dan pengawasan, termasuk dalam hal pencegahan itu adalah termasuk bidang sosialisasi, dan hal yang utama adalah agar seluruh masyarakat luas ikut bersama mengawasi dalam setiap tahapan pemilu, dan penguatan partisipatif masyarakat dan kepedulian masyatakat sangat penting dalam kesuksesan pemilu" ujarnya. (RikjonManullang)

Komentar
Berita Terkini