Rutin Turun ke Desa, Puskesmas Aek Raja dapat Respon Positif Warganya

Administrator Administrator
Rutin Turun ke Desa, Puskesmas Aek Raja dapat Respon Positif Warganya
IST|Pelita Batak
Cuplikan tim Nakes Puskesmas Aek Raja saat melakukan pelayanan pengobatan gratis di Desa.

Tapanuli Utara (Pelita Batak):

Kegiatan pelayanan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tepat sasaran akan mendapat respon positif dari warganya. Hal itu dirasakan warga di sekitar cakupan Puskesmas Aek Raja, Kecamatan Parmonangan yang secara rutin dua kali dalam seminggu turun ke desa untuk menyapa warga desa dan melakukan pengobatan gratis.

Jika minggu yang lalu tim melakukan pengobatan gratis di desa Sisordak dan desa Hutatinggi, kemarin, Selasa (28/6/2022) dilakukan di dusun Dolok Nauli Desa Horisan Ranggitgit Kecamatan Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara.

Warga pun senantiasa memanfaatkan kegiatan tersebut, dan mereka sangat antusias untuk mendatangi pojok klinik yang digelar. Puskesmas Aek Raja melakukan jemput bola untuk kebutuhan masyarakat disekitar.

"Mauliate ma dipamaretta, ala dibahen pengobatan gratis (terima kasih untuk pemerintah yang telah memberikan pengobatan gratis)" kata seorang ibu warga Dolok Nauli. Berbagai keluhan kesehatan disampaikan warga kepada petugas kesehatan yang dikirim Puskesmas.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Aek Raja Bungani Sirait SKM, MKM seperti dikutip dari metrorakyat.com, bahwa kegiatan rutinitas pengobatan gratis dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang ada di wilayah kerja puskesmas Aek raja. "Sati orang dokter dan 6 nakes kita turunkan untuk melakukan pengobatan gratis ke desa. Ini saya buat agar seluruh masyarakat merasakan pelayanan kesehatan yang baik dari puskesmas, apalagi dusun Dolok Nauli jauh dari PKM Aek Raja,” ucap Bungani.

Kegiatan pengobatan gratis berlangsung mulai pukul 09.00 Wib sampai dengan selesai. Tim kesehatan puskesmas Aek Raja berhasil memeriksa 25 pasien yang keluhannya bermacam-macam, mulai dari Flu, Batuk, Demam, Diabetes, dan Hipertensi. "Selesai dilakukan pemeriksaan, pasien langsung menerima obat. Untuk stok obat semuanya terpenuhi," jelas Bungani.

Selesai pengobatan gratis di Dusun Dolok Nauli Desa Horisan Ranggitgit, Tim nakes dari PKM Aek Raja melanjutkan pengobatan gratis di desa Aek Raja khusus pada pasien yang mengidap Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Asam Urat, Diabetes Militus dan Kolestrol. Jumlah pasien yang diperiksa sebanyak 15 orang. (TAp|MR)

Komentar
Berita Terkini