RE Nainggolan Tegaskan Pesan Pluralisme Pesparawi Yogyakarta Sebagai Kekuatan Bangsa

Administrator Administrator
RE Nainggolan Tegaskan Pesan Pluralisme Pesparawi Yogyakarta Sebagai Kekuatan Bangsa
IST|Pelita Batak
Tokoh masyarakat Sumut Dr. RE Nainggolan, MM didampingi Jadi Pane, S.Pd, MM foto bersama dengan panitia di sela-sela acara pembukaan Pesparawi ke XIII di Pelataran Candi Prambanan Yogyakarta

Medan (Pelita Batak):

Saya sangat melihat betapa Tuan Rumah Yogyakarta menunjukkan dirinya sebagai sebuah kota yang sangat menghargai keberagaman dan pantas dijadikan sebagai contoh untuk merawat kebergaman ini sebagai kekuatan bangsa yang berjiwa Pancasila. Hal itu ditegaskan oleh Dr. RE Nainggolan, MM bersama Jadi Pane, S.Pd, MM disela-sela mengikuti Pesta paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke XIII di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta, (20/06/2022).

Dr. RE Nainggolan, MM mengatakan kegiatan pesparawi ini adalah sebuah kegiatan atau aktivitas kristen sebagai salah satu jalan untuk memuji dan memuliakan Tuhan agar terbangun dan terbabtuk Karakter manusia yang penuh kasih. Sebagai sebuah kegiatan yang berhubungan dengan ibadah atau alat memuji Tuhan bagi Umat Kristen, Tuan Rumah Yogyakarta sangat ramah dan benar-benar menunjukkan dirinya betapa sangat ramah dengan keberagaman itu. Saya sangat menghormati dan hormat kepada Sri Sultan dan semua warga Yogya yang telah mendukung kegiatan ini.

Sambuat warga dan pemerinntah Yogya ini adalah sebuah contoh betapa Yogya ini adalah salah satu Icon Kota plural yang sangat menjujung tinggi perbedaan. Kita ahrus mensyukuri perbedaan itu karena perbedaan itu adalah anugerah dari Tuhan yang maha esa sebagai berkat bagi bangsa ini. Dengan adanya perbedaan banyak potensi dan kekuatan yang bisa kita himpun untuk bangsa ini, tegas Dr. RE Nainggolan, MM yang juga sangat berterima kasih kepada semua warga Yogya dan juga pemerintah DI Yogyakarta serta komponen yang mendukungnya.

Dengan adanya Pepsarawi ini kita harapkan kegiatan-kegiatan ritual agam Kristen bisa lebih baik dan berdampak pada penguatan karakter serta membangun harmoni sosial untuk bangsa ini. Keharmonisan itu kata kunci bagi kita semua bahwa kita adalah bangsa yang sangat komit dengan persatuan dan persadauraan sekalipun kita punya latar belakang suku dan agama yang berbeda, tegas Dr. RE Nainggolan, MM lagi.

Sementara disisi lain atas nama Menteri Agama RI, Wakil Menteri Tauhid Sa’adi dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana ke-X membuka secara resmi Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) Nasional ke-XIII di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, Senin (20/6). Ketua Umum Panitia Pesparawi Nasional Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo ke X yang juga Wakil Gubernur DIY dalam laporannya menyampaikan, Pesparawi ke-XIII diikuti 8.144 orang yang dilangsungkan mulai dari tanggal 19-26 di Yogyakarta.

Dalam memeriahkan kegiatan ini serangkaian ancara telah dilaksanakan di antaranya, Karnaval Andong, Jamuan Makan Malam Gubernur, Perlombaan 12 Kategori Pesparawi mulai dari tanggal 21-24 Juni 2022. Harmony Expo di Jogya Center yang bertujuan membangkitkan ekonomi Yogya pascapandemi. Wisata Religi yang akan dikuti semua peserta Pesparawi, dan Penutupan kegiatan yang ditandai dengan penyerahan Piala Bergilir Presiden RI, Joko Widodo di Yogya Center.

Sementara itu Sri Sultan Hamengkubuwana ke X yang juga sebagai Gubernur DIY sekaligus sebagai tuan rumah dalam sambutannya mengatakan, keharmonian masyarakat Yogyakarta yang digambarkan dalam kegiatan Pesparawi Nasional ke-XIII ini sebagai bukti kerukunan umat beragama dan toleransi yang terjalin di Yokyakarta. “Selamat datang kami ucapkan di Kota Yogyakarta. Mari nikmati keindahan dan keramahan masyarakat Yogyakarta,” kata Sultan.

“Kehadiran dari 34 kontingen Pesparawi dari 34 Provinsi se-Nusantara merefleksikan suasana kehidupan kerukunan umat beragama di Indonesia. Dan pembukaan malam ini sebagai bukti, di mana Candi terbesar umat Hindu di Indonesia yaitu Candi Prambanan menjadi tempat pembukaan Pesparawi malam ini. Diharapkan kegiatan ini dapat memperkaya wawasan kesatuan kita,” tandasnya.(*)

Komentar
Berita Terkini