Putra Tapanuli Uatra Sumbang Medali Emas di PON XX Papua, Jonius TP Hutabarat : Kebanggaan Sumut Khususnya Taput

admin admin
Putra Tapanuli Uatra Sumbang Medali Emas di PON XX Papua, Jonius TP Hutabarat : Kebanggaan Sumut Khususnya Taput
IST|Pelita Batak
Jonius Taripat P Hutabarat, Anggota DPRD Sumut

Medan (Pelita Batak):

Anggota DPRD Sumatera Utara Dr Jonius Taripar P Hutabarat mengucapkan selamat kepada para atlit PON XX Papua yang mewakili Sumatera Utara dan telah kembali ke daerah dengan sehat walafiat. Kontingen Sumut berhasil mengumpulkan 10 medali emas, 22 medali perak dan 23 medali perunggu serta menempatkan di peringkat ke 13.

Kepada para atlit yang menymbang medali atau tidak, menurut mantan Kapolres Tapanuli Utara ini, semuanya telah berjuang dengan hati dan memberikan kontribusi bagi kemajuan dunia olahraga Sumatera Utara dan kesukseskan PON XX Papua. “Ini adalah gambaran kita ke depan, bagaimana menhadapi PON XXI Sumut-Aceh, sebagaimana Gubernur kita sudah menerima bendera PON saat acara penutupan kemarin. Seluruh cabang olahraga harus bersiap, untuk meningkatkan prestasi di tahun 2024,” ujarnya.


Sebagai putra derah Tapanuli Utara, Jonius secara khusus mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang ditorehkan Sarohatua Lumbantobing peraih medali emas cabang olahraga tinju di nomor 69 kg putra. “Kita sangat apresasi, sangat kita bangga dengan perolehan Sarohatua,” ujarnya.

Menurutnya, sepantasnya pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah provinsi dan kabupaten/kota memberikan perhatian dan apresiasi kepada para atlit yang telah mewakili Sumut di PON XX Papua. Hal, itu dilakukan terlebih untuk memotivasi para atlit untuk terus meningkatkan kemampuan, khusunya dalam menyongsong ivent olahraga yang lebih besar lagi. “Khusus olahraga tinju, Gubernur telah menerima bahwa Sumut akan menjadi tuan rumah kejuaraan tinju elit tahun 2022 mendatang. Tentu ini akan menjadi ajang yang penting sebagai bagian persiapan PON XXI mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pertina Sumut Romein Manalu, ST bersama manager tim Pertina tiba di Medan pada Jumat (15/10) malam dan langsung mengadakan jamuan makan bersama para atlit tinju dan pelatih yang turut dalam rombongan. Makan bersama dilakukan di Pusdiklat Pertina Medan Jl Tangguk Bahagia 1 ujung, Griya Martubung, Medan Labuhan.

Romein Manalu,ST selaku ketua PERTINA Sumut yang turut ke Papua mengucapkan syukur atas suksesnya pelaksanaan PON XX Papua. “Sekarang tugas kita, untuk mempersiapkan diri menghadapi PON XXI Sumut Aceh tahun 2024. Kita akan lakukan evaluasi dan peningkatan latihan dan pembinaan, agar atlit kita bisa lebih berprestasi ke depan,” ujarnya.

Menurut Romein yang juga didampingi manager tim PON Pertina Sumut, Sabam Parulian Manalu, SE,PHD target PERTINA Sumut di PON XX Papua tercapai yaitu satu medali emas, dengan mengirimkan 6 petinju.

“Kita berharap, pemerintah Kabupaten dan Kota se Sumut semakin memberikan perhatian untuk cabang olahraga tinju ke depan. Tinju adalah olahraga yang memungkinkan untuk digeluti dan untuk menggapai prestasi,” harapnya. (TAp)

Komentar
Berita Terkini