Presiden Jokowi Akan Buka Geopark Indonesia Summit 2021, Digelar di The Kaldera Toba

admin admin
Presiden Jokowi Akan Buka Geopark Indonesia Summit 2021, Digelar di The Kaldera Toba
IST|Pelita Batak
Ketua Umum BP Toba Cakdera UNESCO Zumri Sultony, Ketua Harian Ir. Mangindar Simbolon MM, Sekretaris Dra Debbie Panjaitan beberapa waktu lalu

Medan (Pelita Batak):

Dalam rangka mendukung percepatan pengembangan Geopark Indonesiasebagaimana diamanatkan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019, telahditetapkan Rencana Aksi Nasional Geopark 2021-2025 melalui Peraturan Menteri PPN/Bappenas No. 15 tahun 2020. Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) menyelenggarakan Geopark Indonesia Summit 2021 pada tanggal 22 dan 23 November 2021, di Kawasan Toba Caldera UNESCO Global Geoprk, Sumatera Utara. Acara ini akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dikatakan Ketua Haraian Badan Pengelola Toba Caldera UNESCO Global Geopark Bapak Ir Mangindar Simbolon MM dan Sekretarisnya Dra Debbie Panjaitan kepada media, Sabtu (20/11/2021) di Medan. Disebutkan penyelenggaraan Konferensi Nasional Geopark Indonesia II bertujuan untuk mengakselerasi dan memperdalam pemahaman serta sinergitas pengembangan Geopark diantara pengambil kebijakan dan pemangku kepentingan sehingga pengembangan Geopark dapat didukung oleh semua pihak secara terpadu.

"Kegiatan ini juga menjadi forum bertukar ide dan menggali masukan-masukan dalam upaya mencari solusi masalah pengembangan Geopark, serta sosialisasi regulasi-regulasi pengembangan dan pengelolaan Geopark Indonesia. Serta memperkuat jejaring dukungan pemerintah, akademisi, pelaku dunia usaha, media, masyarakat dan badan pengelola agar bersinergis secara optimal dalammengembangkan Geopark," katanya sembari menyebutkan acara diselenggarakan secara hybrid yaitu melalui virtual web, Kantor Bappenas Jakarta dan di The Kaldera, Toba, Sumatera Utara.

Pada tahun 2018 telah diselenggarankan Konferensi Nasional Geopark Indonesia pertama di kantor Kementerian PPN/ Bappenas, Jakarta. Konferensi tersebut fokus membahas sinergisitas dan merumuskan kebijakan dan regulasi nasional untuk mengembangkan Geopark Indonesia. Tidak ketinggalan, 11 perwakilan Geopark Indonesia yang telah ditetapkan datang untuk turut berkolaborasi untuk pengembangan Geopark, pembangunan ekonomi berkelanjutan serta pelestarian lingkungan.

Pada tahun 2021 ini, telah ditetapkan sejumlah regulasi dalam rangka pengelolaan dan pengembangan Geopark. Pada tahun 2019 telah ditetapkan Peraturan Presiden nomor 9 tentang Taman Bumi (Geopark) disebutkan bahwa Pemerintah daerah perlu melaksanakan program -program terkait konservasi keanekaragaman Geologi, hayati dan Budaya, Program Pengembangan Pendidikan, penelitian dan pengembangan Ilmu Pengetahuan, Program Pengembangan Pelestarian sosial budaya, Program pembangunan Masyarakat secara berkelanjutan berbasis ekonomi kreatif, Pengembangan Destinasi Pariwisata, investarisasi kebutuhan amenitas, dan Infrastruktur pendukung. Pada tahun 2020, 3 Peraturan Menteri telah ditetapkan sebagai turunan Perpres 9/2019, yaitu : 1) Peraturan Menteri PPN/ Bappenas Nomor 15 Tahun 2019 tentang rencana Aksi Nasional

Pengembangan Geopark ; 2) Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage); 3) PeraturanMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengembangan Geopark sebagai Destinasi Wisata.

Disebutkan pula, rangkaian kegiatan: 1) Konferensi Nasional Geopark Indonesia II; 2) Geopark Investment Forum; dan 3) Geopark Indonesia Virtual Exhibition. "Bersama ini kami mengundang Saudara/i untuk hadir pada acara tersebut dengan mengikuti secara virtual, lewat link registrasi," katanya.

Sebagai informasi, rincian acara sebagai berikut: 22 November 2021, Pukul : 08.00_ 11.00, Link registrasi : geopark.bappenas.go.id . Agenda II : Konferensi Nasional Geopark Indonesia II, Pukul : 13.00-16.00. Serta Agenda III : Geopark Investment Forum Hybrid Event, 23 November 2021, Pukul : 08.00 - 13.20 fan offline yang akan dilaksanakan di The Kaldera Nomadic Tourism Kab.Toba, dan akan dihadiri Menteri Bappenas dan menteri lainnya, serta Gubernur Sumatera Utara dan 7 Bupati di kawasan Danau Toba.

Untuk virtual dengan Link registrasi : link.bappenas.go.id/Konas-Geopark-Indonesia-II dan link.bappenas.go.id/Geopark-Investment-Forum.(TAp)

Komentar
Berita Terkini