Pertama Kali ke Pusdiklat Pertina Sumut, Edy Rahmayadi : Saya Salut Sama Pak Sabam Manalu

Administrator Administrator
Pertama Kali ke Pusdiklat Pertina Sumut, Edy Rahmayadi : Saya Salut Sama Pak Sabam Manalu
Adol Frian Rumaijuk | Pelita Batak
Direktur Operasional PT KIM Mayjen TNI (P) Hita Tunggal saat memberikan komitmen mendukung program pelatihan tinju Sumut

Medan (Pelita Batak):

Hadir di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PERTINA) Sumut, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengaku salut. Pujian itu dilontarkan Edy saat memberikan sambutan pada acara “Uji Kemampuan Atlet Pelatda PON Tinju Sumut dan Silaturahami degan Bapak Asuh” yang sengaja dihelat untuk penggalangan partisipasi dunia usaha dalam pembinaan olahraga tinju, Kamis (16/3/2023).


Gubernur Edy Rahmayadi dan yang lainnya menyaksikan pertandingan tinju atlet pelatda jangka panjang PON Sumut


Pusdiklat yang beralamat di Jl. Tangguk Bahagia 1 Griya Martubung Medan itu, merupakan milik pribadi Ketua Pengprov Pertina Sumut Sabam Parulian Parsaoran Manalu, SE.,MAP yang kini dibangun dan dikelola untuk pusat pelatihan olahraga tinju. Dengan dilengkapi mes atlet, dan menyediakan kebutuhan atlet yang mengikuti pelatihan. Kini 20 atlet pelatda PON XXI cabor tinju mengikuti pemusatan latihan di tempat itu. Kini, Cabor Tinju Sumut mendapat pengawasan dan pembinaan oleh KOMIDAM I/Bukit Barisan yang dikoordinatori Kapaldam Kolonel Cpl Isariyanto.

“Saya salut sama Pak Sabam Manalu, dengan segala keterbatasan bisa mengembangkan tempat ini, luar biasa mudah-mudahan itu menambah semangat kita semua untuk meningkatkan olahraga Sumut,” kata Edy Rahmayadi. Dia mengatakan, dengan kondisi saat ini Pusdiklat tersebut masih harus dibenahi agar lebih baik lagi.

Edy Rahmayadi juga meminta dukungan dari donatur untuk mengembangkan Pusdiklat ini. Bertepatan, Ketua Umum PP Pertina Mayjen TNI (P) Komaruddin Simanjuntak dan sejumlah pengurus PP PERTINA adalah rekan-rekannya purnawirawan TNI angkatan 85. Sehingga besar harapan Edy, olahraga tinju akan mendapat perhatian lebih, bahkan Sumut akan memperoleh 15 medali emas dari cabor tinju.


Acara penandatanganan komitmen sebagai bapak asuh cabor tinju Sumut oleh Pengusaha di lingkungan PT KIM.


“Karena itu ada bapak-bapak kita di sini, rekan-rekan saya angkatan 85 untuk membantu mengembangkan tempat ini, mudah-mudahan bersama-sama kita bisa,” kata Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi sempat menyaksikan pertandingan pertama kelas 51 Kg Putra antara Rejeki Manalu melawan Duta Fadillah Simatupang. Pertandingan pertama tersebut dimenangkan Rejeki Manalu melalui perhitungan angka dari juri. Edy Rahmayadi merasa kedua petinju tampil baik di atas ring walau masih perlu beberapa peningkatan lain.

“Kedua petinju bagus, memberikan yang terbaik selama tiga ronde, namun tentu masih perlu kita tingkatkan lagi karena tujuan kita dalam waktu dekat ini adalah emas di PON 2024,” kata Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Ketua PP Pertina Komaruddin Simanjuntak mengatakan tinju di Sumut terus berkembang. Dia berharap Sumut bisa memberikan yang terbaik di PON 2024 nanti terutama karena Sumut merupakan tuan rumah bersama Aceh.

Ujian Kemampuan Atlet Pelatda Tinju Sumut diikuti 20 atlet putra/putri tinju amatir yang dibagi menjadi 10 kelas. Ketua Pengprov Pertina Sumut Sabam Parulian Manalu mengatakan pihaknya akan terus mencari dan mengembangkan bibit-bibit atlet tinju Sumut.

“Kita akan terus mengembangkan tinju Sumut salah satunya dengan cara mencari bibit-bibit terbaik kita dan kemudian kita kembangkan,” ujarnya.

Hadir pada pembukaan ini Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Direktur Operasional PT KIM Mayjen TNI (P) Hita Tunggal, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis dan Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, Hadir juga Forkopimda Sumut dan OPD terkait Pemprov Sumut. Juga hadir para pengusaha di kawasan PT KIM diantaranya Dr. Maruli Siahaan,MH.

Pada kesempatan itu, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin menyatakan akan terus mendukung cabor-cabor di Sumut yang akan dipertandingkan di PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024. Terlebih posisi Sumatera Utara sebagai bagian dari tuan rumah PON XXI.

Secara terpisah, bidang kepelatihan Pertina Sumut Dr. Nimrot Manalu M.Kes., AIFO sekaligus pakar olahraga UNIMED menyatakan sangat mengapresiasi acara silaturahmi ini, sekaligus menjadi tantangan bagi insan Pertina Sumut, untuk mengejar target PON XXI mendatang. (Tap)

Komentar
Berita Terkini