Pendidikan Guru Penggerak Angkatan IV di Kabupaten Dairi Dibuka

admin admin
Pendidikan Guru Penggerak Angkatan IV di Kabupaten Dairi Dibuka
IST|Pelita Batak
Pendidikan Guru Penggerak Angkatan IV di Kabupaten Dairi Dibuka

Dairi (Pelita Batak):

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam hal ini Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (P4TK Penjas dan BK) kerjasama dengan Dinas Pendidikan Dairi gelar pembukaan Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan IV di Kabupaten Dairi. Kegiatan dilakukan di Hotel Beristra pada Senin, 11 Oktober 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.


Casmudi S,Pd mewakili P4TK Penjas dan BK, mengatakan bahwa program ini merupakan program unggulan dari Kemendikbud RI yang dikomandoi oleh Mas Menteri Nadiem Makarim. “Maka itu, semua elemen yang berada dibawah naungan Kemendikbudristek harus ikut membantu dan berkolaborasi demi kemajuan pendidikan di Indonesia, dan Kabupaten Dairi pada khususnya,” ujarnya. Lebih lanjut, katanya, calon guru penggerak ini akan dibekali dan dilatih selama sembilan bulan lewat lokakarya dan pendampingan dari pengajar praktik dan fasilitator yang sudah terpilih. “Guru Penggerak akan menjadi motor penggerak sekaligus calon pemimpin di sekolah masing-masing”.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Drs Jonni Waslin Purba yang juga turut didamping oleh Kabid PTK Saut Harapan Simarmata S,Pd mengatakan bahwa sebagai calon guru penggerak harus bekerja dengan hati. ”Bekerjalah dengan iklas. Karena bapak ibu yang terpilih ini adalah yang terbaik karena sudah melewati proses seleksi yang ketat. Menghambalah pada murid,” ujarnya. Dia juga berpesan agar menjadi motor-motor penggerak dan motor perubahan di sekolah masing-masing. “Dan paling penting, tetap jaga kesehatan karena perjalanan kalian masih lama,” katanya.

Pada pembukaan Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan IV ini juga dihadiri oleh dua puluh calon guru penggerak dari semua tingkatan satuan pendidikan baik swasta dan negeri dan tiga pengajar praktik dan satu fasilitator di Kabupaten. Salah satu pengajar praktik, Yanty Rosdiana Barutu M,Pd juga turut memberi dukungan dan motivasi pada calon guru penggerak. “Jadilah agen perubahan dan ingat bahwa setiap anak bersinar di langitnya masing-masing” katanya.

Demikian juga Linda Simbolon S,Pd, sebagai satu-satunya fasilitator yang terpilih dari Kabupaten Dairi juga turut hadir memfasilitasi kegiatan. “Ingat bahwa berkarya itu tidak perlu mengenal umur. Saya saja yang sudah mau pensiun tetap semangat mengikuti kegiatan ini," ujarnya.

“Mengabdilah dengan iklas bapak ibu. Jadilah tombak ujung perubahan di sekolah masing-masing supaya kita bisa mewujudkan merdeka belajar di Kabupaten Dairi ini,” ucapnya. Yang tak kalah menariknya, kegiatan ini juga turut disaksikan dan diikuti oleh kepala sekolah-kepala sekolah dari calon guru penggerak. Mereka memberi dukungan penuh dan berkomitmen akan membantu segala kegiatan calon guru penggerak kedepannya.***

Komentar
Berita Terkini