Berjalan dengan Sukses, Rakernas Pertina Rumuskan Sejumlah Program Kerja Tahun 2023

Administrator Administrator
Berjalan dengan Sukses, Rakernas Pertina Rumuskan Sejumlah Program Kerja Tahun 2023
Adol Frian Rumaijuk| Pelita Batak
Pimpinan persidangan Rakernas menyerahkan rumusan program kerja tahun 2023 kepada Ketua Umum Pertina Mayjen Komaruddin Simanjuntak

Medan (Pelita Batak):

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang bersamaan dengan Resepsi HUT ke-63 Pertina Tahun 2022 berhasil merumuskan sejumlah program kerja tahun 2023 dan melakukan evaluasi terhadap laporan keuangan Pengurus Pusat Pertina TA 2023. Kegiatan yang diadakan di Hotel Yuan Garden Pasar Baru Mansion Jakarta Pusat pada 15-16 November 2022 itu dihadiri oleh Ketua Umum PP Pertina Mayjen (p) Dr Komaruddin Simanjuntak dan jajaran, serta pengurus provinsi se Indonesia.


Rangkaian acara diawali denga Respesi HUT ke-63 pada Selasa malam. Setelah makan bersama, Ketua Umum Mayjen (P) Komaruddin Simanjuntak menyebutkan bahwa selama ini sangat jarang ada perayaan HUT Pertina. Meski demikan, tidak megurangi semangat pembinaan olahraga tinju di Indonesia. Dibuktikan dengan saat pelaksanaan SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam dengan mengirimkan 6 petinju berhasil memperoleh medali 1 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

Prestasi di SEA Games Hanoi tersebut merupakan prestasi yang melebihi target. Sehingga saat ini, olahraga tinju telah Kembali seagai cabang olahraga yang diminati.

Dipaparkan Komaruddin, sejumlah program kerja di tahun 2022 diantaranya pelaskanaan Kejurnas Junior-Youth-Elite di Medan berlangsung dengan baik. Pertina juga mengikuti Kejuaraan Tinju Syied Kadir Singapura 10 September 2022 dengan mengirimkan tiga atlet memperoleh 2 medali emas dan 1 perak. Selain pelaksanaan Kejuaraan, PP Pertina juga melakukan berbagai kegiatan peningkatan kemampuan wasit dan hakim. Serta mengikuti kegiatan-kegiatan kongres yang dilaksanakan IBA sebagai induk olahraga tinju dunia.

Pelaksanaan Rakernas yang digelar dengan membagi peserta dalam dua komisi, menghasilkan sejumlah rumusan program kerja yang berkaitan dengan peningkatan pembinaan olahraga tinju di Indonesia. Diantaranya pembangunan fasilitas tinju berbasis sprot science dan technology dan program lainnya. Komaruddin menegaskan untuk peningkatan olahraga tinju di Indonesia akan menekankan kepada sistem pengelolaan manajemen dimulai dari tata Kelola rekrutmen, tata Kelola kepelatihanan, tata Kelola wasit dan hakim, dan aspek-aspek yang mendorong kemajuan olahraga tinju.

Komaruddin berharap, lewat program kerja yang dirumuskan di Rakernas pelaksanaan kegiatan pembinaan tinju Indonesia tahun 2023 dan selanjutnya akan lebih baik.

Ketua Pengprov Pertina Sumut Sabam Parulian Manalu,SE.,MAP.PHD yang hadir dalam Rakernas mengatakan bahwa PP Pertina masih banyak PR yang harus dilakukan. Termasuk sosialisasi AD/ART yang belum secara menyeluruh dipahami oleh para pengurus Pertina. “Termasuk penjabaran aturan-peraturan IBA yang sangat fatal untuk penentuan prestasi tinju. Sehingga wasit dan hakim tidak berbeda tafsir untuk melakukan penilaian,” ujarnya yang hadir didampingi Sekretaris Junhaidel Samosir, Bendahara Ganda Simbolon, Wakil Ketua Anhar Syahtua, Direktur Eksekutif Adol Frian Rumaijuk, dan Humas Sahat Halomoan Nasution.

Pada kesempatan itu, Sabam nengucapkan terimakasih kepada PP Pertina yang mempercaayakan sejumlah kegiatan kepada Pengprov Pertina Sumut seperti Munaslub Pertina tahun 2021, Kejurnas Tahun 2022, dan penunjukan Pelatih Sumut mendampingi atlet di Kejuaraan Syied Kadir Singapura.(TAp)

Komentar
Berita Terkini