Asisten I Buka Bimbingan Teknis Panitia Pilkades

Administrator Administrator
Asisten I Buka Bimbingan Teknis Panitia Pilkades
Rahmat Purba |Pelitabatak
Asisten I Buka Bimbingan Teknis Panitia Pilkades

Labuhanbatu (Pelita Batak):

Asisten I Pemerintahan Setdakab Labuhanbatu Drs. Sarimpunan Ritonga, M.Pd., membuka Bimbingan Teknis Panitia Pemilihan Kepala Desa Se-Kabupaten Labuhanbatu 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Labuhanbatu di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati, Kamis (18/08/2022).

Sarimpunan mengatakan pemilihan kepada desa sangat rentan dengan gesekan sosial, dalam keluarga pun bisa bersebrangan. Ketika bersebrangan anak dan orang tua pun bisa tidak saling bercakap. Masyarakat di Indonesia memiliki latar belakang yang berbeda beda.

“Sehingga pada momen yang penting ini Pemkab Labuhanbatu, berharap besar,kepada bapak ibu sebagai panitia pilkades,” ucap Sarimpunan.

Sarimpunan menjelaskan dalam pelaksanaan Pilkades ini harus sesuai regulasi, seperti Permendagri, Perda, dan Perbup. Jika dilakukan dengan baik, bijaksana, tidak ada regulasi tertabrak, insyaallah lancar.

Pemkab Labuhanbatu menggantungkan harapan penuh kepada para panitia untuk bekerja secara maksimal karena Kepada Dinas PMD telah menghadirkan narasumber yang tidak tanggung-tanggung, ada dari Kodim, Polres, dan KPU.

Mengakhiri arahannya, Sarimpunan mengatakan bahwa yang sudah terpilih menjadi panitia untuk menggelar pilkades, posisi panitia adalah representasi dari pemerintah, jangan dirusak. Kepentingan yang lebih penting adalah kepentingan Republik Indonesia dan berharap agar para peserta bimtek mengikuti bimbingan ini dengan baik.

“Mohon kepada para peserta, didengarkan dicatat, poin poin yang disampaikan oleh narsum kita ini, dan juga Terima kasih kadis PMD yang sudah menggelar Bimtek ini,” tutup Sarimpunan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Abdi Jaya Pohan, SH mengatakan Dinas PMD berupaya maksimal, agar panitia pilkades dan masyarakat desa memahamai dengan baik bagaimana proses pemilihan yang direncanakan akan dilaksanakan di tanggal 2 November nanti.

“Kami dari PMD telah mengundang narasumber dari Kodim, Polres, KPU, dan juga Pengadilan yang memberikan materi bidangnya masing masing, dan juga PMD memberikan pemahaman mengenai Perda dan Perbup terkait pilkades,” jelas Abdi.

Adapun narasumber yang diundang dalam Bimtek ini adalah Kasdim 0209/LB Mayor Inf Hendra Gunawan yang memberikan materi tentang pengamanan Pilkades 2022 dari Kodim, Kabag Ops Polres Labuhanbatu Kompol Wirhan Arif yang memberikan materi tentang penguatan Pemahaman Pengamanan Pilkades, beserta tindak pidana dan pelanggaran dalam Pilkades, Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi S.Sos., MM yang memberikan materi tentang teknis kampanye dan penentuan TPS, terakhir adalah perwakilan dari Pengadilan untuk memberikan pemahaman mengenai surat keterangan persyaratan calon Kepala Desa.

Hadir dalam bimtek ini perwakilan Kodim, perwakilan Polres, perwakilan KPU, para panitia Pilkades Labuhanbatu 2022 dari 40 desa, dan hadirin undangan lainnya.(Rahmat Purba)

Komentar
Berita Terkini