Anggota PKD Se- Kecamatan Pancur Batu Harus Bekerja Mengikuti Aturan Kepemiluan dan Bertindak Adil

Administrator Administrator
Anggota PKD Se- Kecamatan Pancur Batu Harus Bekerja Mengikuti Aturan Kepemiluan dan Bertindak Adil
Ist|PelitaBatak
Ketua Panwascam Pancur Batu Sanggam P. Gultom, S.Si, M.Si melantik 25 Anggota PKD Sekecamatan Pancur Batu baru baru ini di Jambur Jamin Ginting disaksikan oleh Unsur Muspika Kecamatan

Medan (Pelita Batak):

Semua anggota Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) se-Kecamatan Pancur Batu yang dilantik hari ini harus bekerja dengan jujur, penuh dedikasi, sesuai aturan dan bertindak dengan adil. Hal itu ditegaskan oleh Ketua Panwascam Kecamatan Pancur Batu Sanggam P. Gultom, S.Si, M.Si saat melantik ke 25 anggota PKD seKecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang, Minggu (2/6/2024).

Masih menurut Ketua Panwascam Pancur Batu, Sanggam P. Gultom mengatakan, ke-25 PKD yang terpilih ini merupakan yang terbaik dari yang baik. Mengingat tugas dan tanggungjawab untuk mengawasi proses pelaksanaan Pilkada serentak tidaklah mudah, Sanggam meminta para PKD harus bekerja dengan integritas yang tinggi, penuh semangat, penuh dengan dedikasi dan kejujuran, bertindak adil, serta memahami aturan yang telah ditetapkan penyelenggara Pemilu, tegas Sanggam P Gultom.

“Masih menurut Sanggam P Gultom anggota PKD bisa langsung berinteraksi dengan suasana di Bawaslu. Sehingga pengawasan bisa sukses. Untuk itu, semua anggota PKD, juga diminta untuk bisa bekerja secara profesional dalam mengawasi segala tahapan Pilkada,” kata Sanggam. Sebagaimana yang di pantau oleh media, sebanyak 25 anggota Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) se-Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deliserdang dilantik di Jambur Jamin Ginting, Pancur Batu, Deliserdang (2/6/2024). Ke-25 anggota PKD ini berasal dari 25 desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Pancur Batu atau dengan rincian, satu desa memiliki satu anggota PKD.

Di acara pelantikan semua anggota PKD ini, juga dihadiri oleh Kasek Panwascam Pancur Batu, Fajar Adhari Tambunan; Danramil 14/Pancur Batu diwakili Serma S Ginting, sementara Camat Pancur Batu diwakili Sekretais Kecamatan (Sekcam) Pancur Batu, Bobby Arianto dan anggota PPK Pancur Batu.

Dari unsur Muspika Camat Pancur Batu diwakiliki Sekretaris Kecamatan Pancur Batu, Bobby Arianto meminta para PKD terpilih agar dapat berkoordinasi dengan pihak terkait demi kelancaran tugas. Satu diantaranya adalah dengan para kepala desa di wilayah pengawasannya masing-masing. “Dengan koordinasi yang tepat, pelaksanan pengawasan akan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Kemudian, Danramil 14/Pancur Bartu diwakili Serma S Ginting juga mengharapkan agar Panwaslu berkoordinasi dengan Babinsa, dan Bhabinkamtibnas dari unsur kepolisian. “Dengan koordinasi yang baik selama ini, kami percaya pelaksanaan pengawasan akan berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, dua anggota Panwascam lainnya Jefri Panorangan Siregar dan Holong Sitompul memaparkan, proses seleksi calon anggota PKD dilakukan sepanjang bulan Mei 2024 dan pengumuman kelulusan dilakukan pada tanggal 31 Mei.

“Terdapat sebanyak 49 orang yang mengikuti seleksi calon anggota PKD. Dan yang terpilih sebagai PKD berjumlah 25 orang,” Jefri. Kegiatan pelantikan dirangkaikan dengan pembekalan seputar pengawasan partisipatif yang dibawakan oleh pemateri, Truly Okto Puba. Dalam paparannya, narasumber menyampaikan beberapa upaya yang dilakukan berbagai pihak dalam melakukan pengawasan partisipatif di Pilkada Serentak tahun 2024.

Adapun Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) yang dilantik hari ini adalah Nadila T. Oktapiani Sinulingga (Desa Baru), Utari Sherina Tasya Ginting (Desa Bintang Meriah), Marsella Terenzi Tarigan (Desa Durin Jangak), Aqshaadyaksa Ayala (Desa Durin Simbelang), Erwin Tarigan (Desa Durin Tonggal), Sri Erma Florida (Desa Gunung Tinggi), Dwiky Ramadiansyah (Desa Hulu), Samsul Bahri Sembiring (Desa Lama), Antonius Halawa (Desa Namo Bintang), Abadi Sembiring (Desa Namo Riam), Defriandi Gurusinga (Desa Namo Simpur), Fitri Br. Sembiring (Desa Namorih), Jaya Sembiring (Desa Pertampilan), Aprylia (Desa Perumnas Simalingkar), Jesaya Gurusinga (Desa Salam Tani), Ozi Sanjaya Sembiring (Desa Sei Glugur), Anggiat H. Tampubolon (Desa Sembahe Baru), Nanang Syahputra, SE (Desa Simalingkar A), Asli Sinuhaji (Desa Sugau), Rhonal Tarigan (Desa Sukaraya), Erwin Sugianto Gultom (Desa Tanjung Anom), Kristian Purba (Desa Tengah), Coki Ginting (Desa Tiang Layar), Satrio Pambudi Nugroho (Desa Tuntungan I), Fitri Natalia Br. Sembiring (Desa Tuntungan II).(*)

Komentar
Berita Terkini