Pencanangan Bulan Bhakti TNI, KB dan Kesehatan Kabupaten Karo 2016

Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang Canangkan Bulan Bhakti TNI, KB dan Kesehatan

Administrator Administrator
Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang Canangkan Bulan Bhakti TNI, KB dan Kesehatan
Ist
Pemukulan gong saat pembukaan Bulan Bakti TNI, KB dan Kesehatan di Makodim 0205/TK oleh Wakil Bupati Karo Corry Sebayang, Kamis 21 Juli 2016

Kabanjahe (Pelita Batak): Pencanangan Bulan Bhakti TNI, KB dan Kesehatan Kabupaten Karo tahun anggaran 2016 dilaksanakan di Makodim 0205/TK Berastagi, ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang disaksikan Ketua Pengadilan Kabanjahe, Kasdim 0205/TK Mayor Inf A Sidauruk, Wakapolres Tanah Karo, Kabid KB Pemprovsu Sofyan Rangkuti, Kepala BPPKB Karo dr Hartaty Br Tarigan, Kepala Dinas Kesehatan Karo, Ketua PMI Karo Jasura Pinem dan Dokter Puskesmas se-Kabupaten Karo, Kamis, 21 Juli 2016.

Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang mengatakan sesuai undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang pengendalian penduduk dan pembangunan keluarga sejahtera, harus dilasanakan pencanangan ekeluarga berencana (KB) dengan meningkatkan partisipasi dari berbagai pihak seluruh lapisan masyarakat dan tidak terlepas dengan seluruh jajaran TNI.

Pada momen ini, peran serta anggota TNI sangat strategis sebagai sebagai pelopor, motivator dan dinamisator, dengan melaksanakan keterpaduan bersama SKPD pelaksanan Keluarga Berencana (KB) dan Dinas Kesehatan dibantu seluruh instansi, lembaga dan organisasi kemasyarakatan lainnya hingga ke tingkat desa. Melalui kegiatan bhakti sosial TNI, KB dan Kesehatan, diharapkan dapat berperan dalam menunjang program KB Nasional, saat ini disebut sebagai Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

"Dua anak cukup merupakan program nasional keluarga berencana dalam hal pengendalian jumlah penduduk yang bertujuan untuk pembangunan keluarga," ujarnya.

Kabid KB BKKBN Pemprovsu Sofyan Rangkuti mengatakan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan TNI memiliki sejarah panjang merupakan mitra kerja yang sangat potensial dalam mempercepat pencapaian keberhasilan program, sehingga dapat menekan angka kelahiran dari 5,6 pada tahun 1970-an  menjadi 3,0 pada tahun 2000-an dan berdampak terhadap peningkatan pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, dan perekonomian.

Bulan Bhakti TNI, KB dan Kesehatan merupakan kegiatan strategis yang dapat menjangkau sasaran sampai dengan daerah-daerah terpencil dan tertinggal dengan mendekatkan pelayanan program KKBPK kepada masyarakat. Program KKBPK senatiasa diarahkan untuk mewujudkan Nawa Cita Presiden Joko Widodo terutama Agenda Prioritas ke-3 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan” dan Agenda Prioritas ke-5 yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia.

Kasdim 0205/TK Mayor Inf A Sidauruk mengatakan dengan dibukanya kegiatan pencanangan dan pelayanan Bakti Sosial Terpadu TNI, KB dan Kesehatan  di Kabupaten Karo tahun 2016, diharapkan menjadi suatu yang dapat menekan pesatnya tingkat jumlah penduduk di negara ini. Ada beberapa tujuan utama  pemerintah Kabupaten Karo dan TNI pada kegiatan Keluarga Berencana ini antara lain mengatur jarak kelahiran anak, menekan jumlah kelahiran, demi kesejahteraan pembangunan daerah, dan membantu program pemerintah.(R3)
 


Tag:
Berita Terkait
Komentar
Berita Terkini