Jambore PKK Humbahas Dilaksanakan di Wisata Sipinsur Doloksanggul

Administrator Administrator
Jambore PKK Humbahas Dilaksanakan di Wisata Sipinsur Doloksanggul
Rikjon Simanullang |Pelita Batak
Jambore PKK Humbahas Dilaksanakan di Wisata Sipinsur Doloksanggul

Humbang Hasundutan (Pelita Batak):

Kegiatan Jambore PKK Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) 2022 dilakasanakan di wisata objek geosite Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan, Sabtu (10/9). Jambore Kader PKK ini luar biasa semangat masyarakat yang hadir dari seluruh kecamatan dan digelar dengan berbagai ragam kegiatan.

Ketua TP PKK Humbahas Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor mengatakan gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, pengelolaannya untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, lahir dan bathin. Jambore PKK bertujuan merekatkan kebersamaan antar kader, pengurus serta pemerintah daerah. Termasuk supaya saling mengenal, saling bertukar informasi pengetahuan dan program-program kegiatan.

Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kualitas kader PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK yaitu penghayatan dan pengalaman pancasila, gotong-royong, pangan, sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat. Kegiatan Jambore ini juga dijadikan waktu yang tepat untuk meningkatkan tanggungjawab bersama dalam menciptakan visi Pemkab Humbahas. Maka kader PKK mulai tingkat kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan dan dasawisma agar sama-sama bergandengan tangan membangun Humbang Hasundutan. Karena kekuatan PKK dahsyat karena bisa bicara sampai level yang sangat kecil yaitu keluarga. Acara Jambore juga dirangkai pelantikan dan pengukuhan pengurus TP PKK Kabupaten.

Sambutan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE yang disampaikan Sekda Drs Tonny Sihombing mengucapkan selamat atas pelantikan dan pengukuhan pengurus TP PKK Humbahas. Bagi pengurus TP PKK hendaknya tau, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mweujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup. TP PKK telah memberikan sumbangan pemikiran dalam proses pembangunan di Humbang Hasundutan. Peran PKK ternyata manfaatnya luar biasa dan dapat menyentuh hingga ke unit terkecil dalam masyarakat yaitu keluarga. Ini sangat membutuhkan kerja keras, kekompakan dan keberanian untuk mencapainya.

“Melalui kegiatan ini, TP PKK baik kabupaten, kecamatan dan desa mampu menyusun rencana aksi dalam akselerasi program dalam melaksanakan 10 program pokok PKK. Jangan sampai PKK terbelenggu pada rutinitas semata. Mari kita melaksanakan inovasi program sesuai dengan kebutuhan daerah. Momentum ini dijadikan sebagai evaluasi terhadap perencanaan untuk penyempurnaan dan perbaikan kedepannya. Kepada Camat yang desanya telah ditetapkan menjadi desa percontohan yang diperlombakan untuk tingkat provinsi, agar lebih giat lagi menggalakkan budaya gotong-royong di kecamatan masing-masing. Sehingga melalui gotong-royong dan partisipasi masyarakat desa, maka percepatan pembangunan di pedesaan akan dapat terwujud menuju Humbang Hasundutan Yang Hebat dan bermentalitas Unggul. Terlebih lagi Pemkab Humbahas saat ini sedang menggalakkan program pemerintah pusat dalam bidang pertanian khsususnya dalam memenuhi pangan dan komoditi lainnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Humbang Hasundutan” harap Bupati Humbahas.

Dalam Jambore PKK itu ada 6 kegiatan yang diperlombakan dan bagi pemenang diberikan hadiah dan uang pembinaan. Lomba makanan pokok dan snack untuk bayi stunting, Juara 1 Lintongnihuta, 2 Tarabintang, 3 Paranginan, harapan 1 Baktiraja, 2 Parlilitan dan harapan 3 Doloksanggul. Lomba Baduta (anak usia dibawah dua tahun) sehat, juara 1 Pakkat, 2 Onanganjang, 3 Doloksanggul, harapan 1 Pollung, 2 Baktiraja dan 3 Sijamapolang. Lomba jingle Paaredi (pola asuh anak remaja di era digital}, juara I Pollung, 2 Tarabintang, 3 Onanganjang, harapan 1 Doloksanggul, 2 Baktiraja dan harapan 3 Pakkat. Lomba inovasi hasil pertanian yang sumbernya dari andaliman, bawah merah, kentang dan jagung, juara 1 Doloksanggul, 2 Paranginan, 3 Baktiraja, harapan 1 Lintongnihuta, 2 Pollung dan harapan 3 Pakkat, Lomba yel-yel dan penyuluhan dasawisma, juara 1 Doloksanggul, 2 Sijamapolang, 3 Baktiraja, harapan 3 Pollung, 2 Lintongnihuta dan harapan 3 Tarabintang. Lomba fashion show wastra Humbang Hasundutan, juara 1 Lintongnihuta, 2 Doloksanggul, 3 Pollung, harapan 1 Sijamapolang, 2 Parlilitan dan harapan 3 Pakkat. Selain dihadiri OPD, Jambore ini diikuti Wakil Ketua TP PKK Humbahas Ny Erma Oloan Paniaran Nababan, Kepala Desa Pearung Hisar B Siregar ST dan lainnhya. (Kominfo/Rikjon Manullang)

Komentar
Berita Terkini