Seni Budaya Tapanuli Utara Butuh Dukungan Semua Pihak

Administrator Administrator
Seni Budaya Tapanuli Utara Butuh Dukungan Semua Pihak
Anjas Nainggolan|Pelita Batak
Salah satu festival trio yang terlaksana di Tapanuli Utara beberapa waktu lalu
Tarutung (Pelita Batak):
Pengembangan dunia kesenian di Tapanuli Utara semakin mendapat perhatian masyarakat dan juga pemerintah. Hal itu dibuktikan dengan semakin tumbuhnya seniman lokal seperti penyanyi cilik hingga tingkat profesional.

Bahkan, kini semakin banyaknya kelompok seniman yang dibentuk oleh para seniman dan pemerhati, membuktikan Tapanuli Utara adalah gudang seniman.

Diantaranya KARBATSU (Komunitas Artis Batak Sumatera Utara DPD Taput) yang telah beberapa kali membuat kegiatan seni. TMB (Tapanuli Mencari Bakat) dan komunitas lainnya.

Kehadiran penggiat seni ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan pemerintah.

"Kondisi ini termasuk untuk mengingatkan kita bahwa Tapanuli Utara pernah mengukir sejarah bidang kesenian di tingkat nasional maupun internasional," ujar Ricky Siregar kepada pelitabatak.com, Kamis (24/8/2017).

Kemudian ditambahkan Artur Tobing selaku pengamat budaya di Taput sejumlah tokoh lahir di Tapanuli Utara. Diantaranya komponis almarhum Nahum Situmorang dan Gordon Tobing penyanyi istana pada zaman Presiden Soekarno, Joy Tobing dan yang lainnya.

Untuk itu, dengan pagelaran Seni Budaya Tapanuli Utara yang akan digelar diharapkan bisa menggali lebih lagi potensi yang dimiliki daerah ini.

Demikian pun, menurut Bistok Nahampun, para pegiat seni di Tapanuli Utara agar jangan mudah berpuas diri. Namun, terus menggali potensi diri demi peningkatan kapasitas hingga menjadi seniman tingkat nasional bahkan Internasional. (Anjas Nainggolan)
Komentar
Berita Terkini