Jong Bataks Arts Festival Berangkat Dari Spirit Kongres Pemuda

Administrator Administrator
Jong Bataks Arts Festival Berangkat Dari Spirit Kongres Pemuda
ist|Pelitabatak

Medan (Pelita Batak):

Jong Bataks Arts Festival terinspirasi dari gerakan pemuda Jong Bataks Bond 1926 yang kemudian melebur menjadi sebuah gerakan kebudayaan dengan menunjukkan identitas kebangsaan Indonesia, lewat kongres pemuda 28 Oktober 1928.

Berangkat atas dasar keprihatinan tersebut melihat generasi muda hari ini sudah semakin jauh dari identitas dirinya, sehingga Jong Bataks Arts Festival lahir sebagai gagasan awal dalam mempertahankan, menjaga dan melestarikan nilai-nilai perjuangan tempo lalu dalam mempertahankan jati diri Bangsa.

Jong Bataks Arts Festival ke empat merupakan sebuah program tahunan yang sudah digelar dalam empat tahun belakangan ini, Jong Bataks merupakan sebuah penamaan festival namun pada praktek kerja-kerjanya, Jong Bataks Arts Festival mencoba mengangkat kesenian tradisional yang ada di Sumatera Utara dan dalam setiap prosesnya mengalami perkembangan untuk tahun ini melibatkan seniman dari Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

Pada tahun ini Jong Bataks Arts Festival dilaksanakan di Taman Budaya Sumatera Utara mulai tanggal 25 Oktober -28 Oktober 2017 dengan melibatkan beragam unsur seni mulai dari musik, tari, film, stand kreatif, permainan tradisional. Dalam Tahun ini Jong Bataks Arts festival melibatkan 36 Komunitas Seni dari Sumatera Utara dan dua keterwakilan dari provinsi di Indonesia yaitu Riau dan Sumatera Barat.

Harapannya kelak bahwa Jong Bataks Arts Festival menjadi ajang festival nusantara yang melibatkan suku-suku bangsa yang ada di Indonesia. Untuk mengenang kembali sprit pemuda-pemuda Nusantara dalam menyatukan semangat membangun Nusantara. Begitu juga dengan hari bahwa Pemuda Batak, Jawa, Sunda, Minahasa, Dayak dan lain sebagainya bergerak bersama menunjukkan sebagai pemuda yang berbudaya.(*)

Komentar
Berita Terkini