Predikat "Sangat Memuaskan", Parlindungan Purba SH MM Raih Gelar Doktor di USU

admin admin
Predikat "Sangat Memuaskan", Parlindungan Purba SH MM Raih Gelar Doktor di USU
ist|pelitabatak
Dr Parlindungan Purba SH MM berhasil meraih gelar Doktor foto bersama Rektor USU Prof Runtung Sitepu dan penguji lainnya serta keluarga.
Medan (Pelita Batak):
Dr Parlindungan Purba SH MM berhasil meraih gelar Doktor (S3) bidang ilmu Perencanaan Wilayah , dengan predikat "Sangat memuaskan" setelah berhasil mempertahankan disertasinya di sidang ujian promosi Doktor Sekolah Pasca Sarjana USU di ruang IMTGT USU Medan, Selasa (29/10/2019).

Sidang ujian Doktor itu diketuai Prof Dr Sirojuzilam SE, dengan anggota Dr Ir Hidayati MSi dan Dr Agus Purwoko, sebagai penguji luar komisi Prof Erlina, Dr Rujiman MA dan Prof Dr Raja Masbar dan hadir disana Direktur Sekolah Pasca Sarjana USU Prof Dr Robert Sibarani dan Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH, serta undangan yang memenuhi ruang IMTGT USU .

Parlindungan yang pernah sebagai anggota DPD RI tiga periode itu berhasil mempertahankan paparan disertasinya yang berjudul," Peranan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) dan penataan ruang terhadap pengembangan wilayah Danau Toba Kabupaten Simalungun".

Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum mengatakan, atas keberhasilan dalam ujian promosi ini , maka sejak sekarang anda berhak menyandang gelar Doktor yang merupakan gelar akademik tertinggi . Namun kami ingatkan, peran dan tanggung jawab insan akademis terlebih sebagai lulusan jenjang S atau Doktor adalah dengan terus melakukan eksplorasi terhadap masalah-masalah yang terus berkembang, tentu dengan menggunakan metode ilmiah untuk didekati dan diteliti.

Dikatakan Rektor, predikat kelulusan itu tidak lah begitu penting, tetapi pengabdiannya memberi saran dalam mengembangkan dan membangun Danau Toba itu yang ditunggu masyarakat. Saya bangga dengan Parlindungan Purba ini, karena sejak S1 sayalah dosennya. Dalam kesehariannya kita lihat tegar, namun dalam memberi sambutan tadi terlihat berurai air mata, saat menyinggung orang tua yang sudah almarhum ataupun istri. Itu artinya wajar dan masih normal. Ujian promosi ini termasuk yang sukses dan ramai dihadiri undangan, katanya.

Rektor juga menyinggung kemajuan pesat USU tiga tahun terakhir ini dengan akreditasi A dan masuk dalam klaster 1. USU masih butuh tenaga dosen yang bergelar Doktor, termasuk pensiunan ASN, TNI/Polri yang pengalamannya sangat berharga . Mari kita tingkatkan terus prestasi USU ini, katanya.

Hadir pada acara itu antara lain Rektor USM Medan Dr Ivan Elisabet Purba, anggota DPRDSU dr Tuahman Purba, keluarga besar USM dan undangan lainnya dari kalangan pengusaha dan politisi serta konsul negara sahabat. (Rel|SIB|TAp)
Komentar
Berita Terkini