Yusman Zega Buka Secara Resmi Pelatihan Kebersihan Sanitasi Dan Pengelolaan Sampah Di Destinasi Wisata

admin admin
Yusman Zega Buka Secara Resmi Pelatihan Kebersihan Sanitasi Dan Pengelolaan Sampah Di Destinasi Wisata
Eligius Zega | PelitaBatak
Yusman Zega Buka Secara Resmi Pelatihan Kebersihan Sanitasi Dan Pengelolaan Sampah Di Destinasi Wisata

Nias Utara (Pelita Batak) :

Pemerintah Kabupaten Nias Utara selenggarakan Pelatihan Kebersihan, Sanitasi, dan Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata Kabupaten Nias Utara, yang difasilitasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias utara yang digelar di Taman Naya, Nias Utara, Kamis 9 September 2021.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara Bezisokhi Hulu, S.IP., MM menyampaikan bahwa terdapat 7 kegiatan yang bersifat Pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Nias Utara yang dibiayai oleh Kementerian Pusat. Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan pelatihan yang ketiga kali dilaksanakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Nias Utara pada Tahun 2021, setelah kegiatan pelatihan pertama di Alasa dan kedua di Afulu.

“Kegiatan Pelatihan selanjutnya akan dilaksanakan jika dana dari Kementerian diterima oleh Kab. Nias Utara” imbuhnya.

Adapun tujuan dan sasaran Pelatihan ini yakni untuk mengetahui dan memahami pentingnya kebersihan lingkungan, serta pengelolaan sampah, peserta dapat mengetahui dan memahami standar dan ketentuan mengenai kebersihan lingkungan, peserta dapat melakukan evaluasi terhadap upaya kebersihan lingkungan, sanitasi serta pengelolaan sampah.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega A.Pi, M.Si. menjelaskan pentingnya kebersihan, sanitasi dan pengelolaan sampah di Destinasi wisata, karena untuk menciptakan keindahan dan kebersihan wisata sangat diperlukan kesadaran dengan mempedomani standar yang diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berbasis CHSE yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), Enverimont Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Majunya destinasi wisata kita harus diikuti dengan kesadaran kita terhadap keindahan dan kebersihan lingkungan di sekitar tempat wisata. Nyamannya pengunjung tak lepas dari dukungan fasilitas kebersihan dan keindahan lingkungannya yang tentunya akan memberikan kesan baik kepada wisatawan yang datang.” jelas Yusman.

Orang nomor dia di Nias Utara ini berharap kepada peserta agar betul-betul mengikuti pelatihan ini dengan tuntas dan mencatat setiap poin yang disampaikan oleh narasumber sehingga bisa mewujudkan pariwisata Nias Utara yang Maju. (EZ)

Komentar
Berita Terkini